pengantar

Alhamdulillah, Pujian yang sempurna dan rasa syukur yang tertinggi dipanjatkan kepada Allah, Tuhan pemilik Langit dan Bumi, Pengatur segala yang ada, Tuhan pencipta manusia dengan segala kecerdasan dan pencapaiannya. Semoga pujian dan syukur ini akan menambah nikmat yang telah penulis rasakan dan nikmati.

Salawat dan salam semoga selalu tercurah untuk Nabi Muhammad, Rasulullah terakhir yang begitu mencintai ummatnya, mengajar dan mengajak mereka untuk belajar dan mengajar. Karena, dengan ilmu lah seseorang akan mengenal dirinya, mengenal alam, mengenal Tuhannya dan mengenal Nabinya.

Semoga salawat dan salam itu juga disampaikan untuk sahabat dan kerabat Rasulullah saw, begitu juga dengan para pengikutnya. Amin.

Ilmu dan kitab merupakan dua hal yang berbeda namun sulit untuk dipisahkan. Kitab merupakan media untuk mencatatkan ilmu pengetahuan yang sudah dicapai dan ditemukan oleh manusia untuk kemudian disimpan atau disebarluaskan. Kitab dan buku-buku tersebut kemudian disatukan dan ditaruh dengan susunan tertentu yang  rapi dan mudah dicari, jadilah tempat tersebut sebuah perpustakaan. Ratusan, bahkan ribuan sampai jutaan kitab terkumpul di sana.

Sebagai seorang pelajar, terlebih pengajar, apalagi ulama, perpustakaan merupakan kekayaan yang mutlak dimiliki. Terasa aneh jika seorang yang “katanya” ulama namun hanya memiliki puluhan kitab saja. Terasa aneh juga jika sebuah kampus, juga pesantren, miskin dengan kitab referrensi. Perpustakaannya hanya mengkoleksi puluhan kitab, atua beberapa ratus kitab saja.

Keanehan yang penulis sifatkan tadi, menjadi pemandangan lumrah di tanah air kita tercinta. Mayoritas kampus Islam dan Pesantren masih miskin dengan koleksi kitabnya, perpustakaannya nyaris tak layak untuk dikatakan perpustakaan karena minimnya koleksi kitab yang ada. Apa boleh diucap, seperti itulah kenyataan yang ada.

Alhamdulillah, kemajuan teknologi, hususnya teknologi komputer, membawa berkah yang besar sekali untuk menutupi potret kekurangan di atas. Beberapa program penyajian kitab-kitab bermunculan, baik untuk kelompok kitab tertentu seperti Hadis, Tafsir dan Fiqh, maupun untuk kelompok besar seperti Maktabah al-Syamilah, al-Maktabah al-Kubra dan al-Maktabah al-Zahabiyyah yang merangkum berbagai disiplin ilmu islam. Selain itu, ada juga program berdsarkan PDF yang muncul di internet. Beberapa situs di internet menyediakan data berbentuk PDF ribuan kitab. Diantara situs dimaksud adalah waqfeya.com, miskat.net dan al-Mustofa.com. 

Semua program-program di atas, mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Maktabah al-Syamilah contohnya, mempunyai kekurangan karena sering kali teks yang ada tidak lengkap. Bahkan, secara akademik, program ini tidak boleh / tidak bisa menjadi rujukan yang valid. Namun demikian, program ini mempunyai kelebihannya, antara lain adalah mencari data dengan program ini sangatlah mudah.

Berbeda dengan data yang disediakan waqfeya.com. Kitab-kitabnya sesuai dengan bentuk cetaknya karena berbasic scand/PDF. Namun kitab-kitabnya belum menjadi program yang menyatu dan masih harus diakses melalui jaringan internet. Wal hasil, katika jaringan itu tidak tersedia, atau kecepatan undah nya lambat, data yang tersedia sering tidak sempurna.

Nah, berangkat dari kelebihan dan kekurangan masing-masing program, penulis mencoba merangkum beberapa kelebihan dari program yang ada sekaligus memberikan terobosan baru dengan menawarkan program yang rasanya bisa menjawab kebutuhan ummat, wabil khusus para ulamanya, akan referensi yang standar dan semaksimal mungkin.

Berangkat dari situ, penulis membuat apa yang penulis namakan dengan Perpustakaan Islam Digital, Himpunan 6000 Jilid Klasik dan Kontemporer.

Program ini menghimpun tidak kurang dari 3000 judul kitab dari berbagai bidang disiplin ilmu keislaman, yang jilidan ke 3000 an kitab tersebut mencapai 6000 jilid lebih. Kitab-kitab tersebut merangkum beberapa disiplin ilmu, yaitu:

  • Total Judul Kitab : 2770 (tanpa pengulangan cetakan)
  • Total Jilid: 6100
  • Halaman : 2875447

Tema-tema Besar

  • Al-Qur’an :  758 Jilid
    • Al-Qur’an: 63
    • Ilmu al-Qur’an : 192
    • Tafsir: 490
  • Hadis : 2066
    • Ilmu Hadis : 135
    • Rijal Hadis: 258
    • Matan Hadis :1673
  • Aqidah : 382
  • Fiqh : 1013
  • Ushul Fiqh : 253
  • Bahasa : 456
  • Dakwah : 58
  • Tarbiyah : 40
  • Sejarah : 712
  • Einsoklopedi : 99
  • Lain-lain : 209

Sumber Data

Sumber data program ini mutlak dari www.waqfeya.com. Hal itu mengingat situs ini situs waqaf yang berarti kitab yang ditampilkanpun sudah menjadi milik ummat karena sudah diwaqafkan. Wal hasil, tidak ada lagi hal yan berhubungan dengan hak cipta. Karena barang wakaf, maka penulispun menjadikan program ini terbuka, dalam artian penulis tidak menguncinya dan tidak mendaftarkan hak copyright, penulis hanya kan mendaftarkan hak ciptanya saja, dengan maksud untuk menutup kemungkinan orang menyalahgunakan program ini.

Lalu, ketika dipertanyakan harga jualnya yang satu juta lima ratus ribu, maka jawabnya adalah karena harga itu sesuai dengan harga harddisc ekternalnya yang tidak jauh berbeda. Selisih yang ada digunakan untuk membiayai proses riset dan pengolahan data.

Program ini mencoba untuk dibuat semudah mungkin dan dapat digunakan oleh semua santri, ustaz dan Kiyai, sekalipun beliau tidak terlalu mengerti soal komputer. Dengan bermodal tunjuk lalu klik, mereka sudah bisa membuka kitab yang diinginkan.

Tentu, meski sudah dibuat dan dirancang sedemikian rupa, program ini tentu masih banyak kekurangannya, terutama referensi populer di Indonesia yang belum tersedia bentuk PDF nya. Insya Allah hal itu dapat ditutupi seiring perjalanan waktu yang cukup bagi team untuk membuatnya atau mengundahnya.

Ahirnya, penulis merekamkan ucapan terimakasih dan jazakumullah ahsanal jaza’ kepada semua pihak yang telah membantu penyelesaian program ini tanpa terkecuali, mulai dari donatur dan team, penulis, editor, programer dan team kreatif  yang ahirnya mampu menyelesaikan semua ini dengan baik, meski sempat tertunda beberapa kali karena kesalahan tehnis. Semoga ini semua menjadi amal jariah buat kita semua dan orang-orangtua yang telah mendidik kita menjadi manusia-manusia yang mau berjuang di jalan Allah, membagi ilmu pengetahuan antar sesama ummat, dan ingin terus menggapai ridho Allah swt.

Penulis juga mengajak pengguna program ini untuk mendoakan para pengarang kitab-kitab yang dibaca atau kitabnya ada dalam program ini, semoga semua itu menjadi amal jariah yang diterima Allah swt.

Kepada Allah juga penulis berserah diri sekaligus memohon ridho dan ampunan. Amin

 

Wassalam

Jakarta 2012

Atas nama team

DR. Ahmad Lutfi Fathullah, MA

 

Pusat Kajian Hadis
Al-Mughni Islamic Center Jakarta.
pengantar | penulis | pendukung | donasi | penerbit

Komp. Masjid Baitul Mughni
Jl. Gatot Subroto Kav. 26, Kuningan, Jakarta, Indonesia.
www.pusatkajianhadis.com